Entri Populer

Sabtu, 11 Desember 2010

Belajar Basket


Basket merupakan olahraga yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk mengembangkannya pun tidak butuh waktu lama, asalkan mau berlatih…
So, berprestasi dengan olahraga basket atau untuk hoby penghilang stres bisa dilakukan!!! Toh kesehatan itu ada di tangan mu…
Untuk langkah pertama sebaiknya akan ada pengenalan sedikit tentang olahraga basket… Untuk yang baru awal bisa membaca tulisan di bawah. Namun apabila yang sudah mahir, yaa..untuk mengasah pengetahuan & mengubah sedikit pikiran juga ga’ bakal rugi….
1.  Mengenal Permainan Bola Basket



Permainan Bola Basket dimainkan oleh dua regu yang berlawanan (ga’ jauh beda sama olahraga sepakbola). Tiap-tiap regu yang melakukan permainan di lapangan terdiri dari 5 orang, sedangkan pemain pengganti sebanyak-banyaknya 7 orang, sehingga tiap regu paling banyak terdiri dari 12  pemain.
Secara garis besar permainan Bola Basket dilakukan dengan mempergunakan tiga unsur teknik yang menjadi pokok permainan, yakni : mengoper dan menangkap bola (pasing and catching), menggiring bola (dribbling), serta menembak (shooting). Tapi 3 unsur tersebut sudah berkembang menjadi berfariasi. Misal dalam teknik mengoper dan menangkap bola, ada beberapa cara : tolakan dada (chest pass), tolakan di atas kepala (overhead pass), tolakan pantulan (bounce pass, dll.
2.  Etika dan Ketentuan Bertanding


Perlu diketahui juga apa saja ketentuan-ketentuan saat kita bertanding, supaya tidak ada kekeluruan yang tidak perlu.
Permainan Bola basket diawali dengan Jump Ball (Bola dilambungkan wasit dan 2 orang pemain berlawanan saling berebut, namun tidak boleh langsung ditangkap dan ditahan,harus langsung dioperkan/dibuang kedaerah lawan) Seperti di atas tadi, permainan Bola Basket dimainkan oleh dua regu, masing-masing terdiri dari 5 orang pemain. Wasit yang memimpin terdiri dari 2 orang yang senantiasa berganti posisi. Waktu bermain yang resmi 2 x 20 menit bersih, tidak termasuk masa istirahat 10 menit, time out, dua kali bagi masing-masing regu tiap babak selama 1 menit, saat pergantian pemain dan atau peluit dibunyikan wasit karena bola ke luar lapangan atau terjadi pelanggaran/kesalahan seperti foul dan travelling. Apabila dalam pertandingan resmi terjadi hasil angka sama, waktu diperpanjang sekian babak (tiap 5 menit) sampai terjadi perbedaan angka.
Hae… jangan bosen untuk baca blog, ini baru mulai belajar praktek TEKHNIK DASAR BERMAIN BOLA BASKET..
Tekhnik dasarnya bermain bola basket antara lain :
1. Dribbling (Menggiring Bola)
Yaitu memantul-mantulkan bola ke tanah (Permukaan keras). Dapat dilakukan dengan sikap berhenti, berjalan, atau berlari menggunakan tangan kiri atau tangan kanan.
2. Passing (Mengoper bola)
Untuk passing bisa dilakukan dua orang atau lebih (berhadapan dan diberi jarak). Mulai dari tolakan depan dada sampai operan di atas kepala. Asalkan operannya tepat kearah lawan latihan anda. Dan berhati-hatilah jika tidak tepat, maka akan mengenai bagian lain dan dapat menimbulkan akibat yang lain pula…
Macam-macam passing/operan dengan dua tangan : 1. The two hand chest pass : operan setinggi dada/ tolakan dada 2. The over head pass : operan atas kepala 3. The bounce pass : operan pantulan 4. The under hand passa : operan ayunan bawah. Macam-macam operan dengan satu tangan : 1. The side arm pass/the base ball pass : operan samping 2. The lop pass : operan lambung 3. The back pass : operan gaetan 4. The jump hand pass : operan lompat.
3. Shooting (Menembak bola ke ring)
Cara memasukkan bola atau menembak (shooting) Bila dilihat dari posisi badannya terhadap papan maka dapat dibedakan :
a. Menghadap papan (facing shoot)
b. Membelakngi papan (back up shoot) Sedang cara pelaksanaannya dapat dilakukan dengan sikap berhenti, memutar, melompat dan berlari.
c. Menghadap papan dengan sikap berhenti :
a. tembakan dua tangan dari dada (two handed set shoot)
b. tembakan dua tangan dari atas kepala (two handed over head set shoot)
c. tembakan satu tangan (one hand set shoot)
d. tembakan satu tangan dari atas kepala (one hand over head shoot)
d. Menghadap papan dengan sikap melompat
e. Menghadap papan dengan sikap lari
f. Membelakangi papan dengan sikap berhenti
g. Membelakangi papan dengan sikap melompat
4. Tekhnik Dasar Lay up
Salah satu point yang berarti adalah lay up. Selain dapat memperbesar kemungkinan bola akan masuk ke ring, lay up juga lebih berkesan terhadap kemampuan (berlari, men-dribbling,shooting sambil melompat) dan keberanian untuk membawa lalu memasukkan bola tersebut.
Pertama-tama ambil posisi lari ke arah ring (mendekat ke ring dari samping kanan, kiri, maupun depan) dari luar garis setengah lingkaran (three point line). Kemudian berlatihlah dengan berlari sambil membawa(tanpa didribble) bola mendekat ke ring untuk dimasukkan. Setelah keduanya lancar, berdiri dekat ring dengan jarak dua langkah anda.  Sambil membawa (menahan) bola, melangkahlah 2 langkah lalu lompat dan arahkan bola ke ring (bisa dipntulkan papan terlebihdahulu). Coba beberapa kali… Tumpuan untuk anda melompat apabila dengan kaki kiri, maka memasukkan bolanya dengan tangan kanan atau kedua tangan, Begitu sebaliknya. Apabila sudah terbiasa, mulailah untuk mengambil jarak lebih jauh dari ring dan ditambah gerakan men-dribbling, menahan bola 2 langkah lalu melompat. Jangan menahan bola sampai tiga langkah, anda akan dikenai bentuk kesalahan yaitu traveling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar